Nabi Muhammad sang pemimpin dunia akhirat

Walaupun tanggal merah perayaan maulid nabi telah lewat, perayaannya masih terjadi dimana-mana dan khususnya di ibukota jakarta. Kalau masalah maulid, jakarta memang paling marak merayakan ibadah ini. Hal tersebut terjadi karena memang kumpulan-kumpulan majelis ta'lim banyak sekali di jakarta. Memang fenomena yang unik menurut saya. Saya anggap jakarta tuh punya nilai tersendiri, yaitu kota yang religius dan modern.

Dari tahun ke tahun gw memang sering dateng ke acara seperti ini. Apalagi kalau yang ceramah para Habaib (Ketutunan Rasul). Hawanya rada beda. Adem, sejuk dan hati jadi tenang. Terus pas lagi baca shalawat dan riwayat nabi (maulid) yang di barengi dengan alunan rebana, terkadang bikin airmata menetes sedikit demi sedikit. HUfff, sungguh rekreasi yang menyejukkan.

Tahun ini gw baru dateng ke 3 tempat majelis ta'lim di jakarta yaitu : majelis rasulullah, majelis al-hawi condet, dan terakhir majelis di deket rumah gw, majelis al-abror. Gw pengen sedikit cerita tentang maulid yang barusan gw ikutin. Maulid yang di deket rumah gw ini memang udah dari lama gw tunggu2. Soalnya tahun kemaren gw gak dateng akibat sibuk kuliah. Gw sampe bela-belain gak masuk kantor buat dateng nih majelis. Yah , solanya klo gw ngantor pasti gw balik malem dan bakalan gak dateng ke acara ini.

Sore setelah azan isya bokap gw langsung ngajak maulid, hummm, suatu hal di luar dugaan. Biasanya bokap gw gak terlalu semangat dateng ke acara beginian. Tapi yahh, harus di syukuri dan di semangati secara gw anak yang baik gitu loh. Adek gw juga gw ajak dengan gw iming-imingi nasi kebuli yang bakal dapet setelah acara maulid kelar. Sesampai di sana ternyata acara belum di mulai dan masih bisa dapet tempat yang lega. Sekitar jam 8 acara di mulai dengan pembacaan tahlil, shalawat, dan riwayat nabi (maulid). Sekitar jam 9 barulah tausiyah dimulai. Sang penceramah ternyata wajahnya sudah tak asing lagi bagi saya. Wajah beliau pernah saya lihat di video-video maulid diba'. Setelah gw inget2 dan tanya kanan kiri akhirnya ketemulah nama sang penceramah itu "Al Habib Ali bin Sholeh Al Attas".

Yupss, gw belum pernah denger tausiyah beliau, dan ternyata nih ulama bener2 menghibur sekali. Dengan jokes2 ringan yang bikin melek dari ngantuk, nasihat2 yang mulia dan cerita2 seru pada zaman nabi. Gaya bicara nya yang betawi banget, bikin suasana seisi mesjid riuh dan semangat merayakan maulid ini. Berikut tausiyah beliau yang masih saya ingat :

Manusia yang berakhlak lebih mulia ketimbang manusia yang berilmu. Karena manusia yang berilmu belum tentu berakhlak

Orang yang miskin di dunia jangan sampai miskin juga di akhirat. Perbanyak juga ibadah.

Nabi muhammad merupakan pemimpin dunia dan akhirat yang wajib kita cintai, maka jika ada yang menghina Nabi, kita wajib bertindak

Para sahabat nabi bertanya " di manakah kita akan bertemu kembali setelah kita wafat ", nabi menjawab :" Temui aku di 3 tempat yang kritis yaitu telaga hauk, yaumul mizan, dan jembatan shirath, kelak aku akan membantu "

Perayaan maulid adalah sunnah yang wajib ktia lestarikan, bukanlah bid'ah.


Tausiyah selesai hingga pukul 10, dan di lanjutkan dengan pembicara yang lain yaitu Al-Habib Alwi hingga pukul 10.30. Setelah itu acara yang paling gw tunggu2., hemmmm., makan nasi kebuli !!., ha ha. Gak nyesel gw bolos kantor hari ini. 1 nampan cuma bertiga. Biasanya kan berempat. Daging kambingnya juga enak, gak begitu amis. Belum lagi rujaknya., slerpppp. Nagih euy. Gw makan bareng adek gw dan salah satu teman lama gw. kata adek gw " hemm., lumayan mas, kenyang nih. untung tadi belum makan he2".

3 komentar:

libo said...

nah gitu dong tobat mas

zee said...

**kekeh2 baca komen di atas..

wah jadi sebenarnya bolos itu biar bisa makan nasi kebuli ya?

ardianz said...

ha ha, tau aja zee, udah lama gak makan nasi kebuli soalnya., hua hua

Post a Comment