Minuman bersoda vs tulang anda

Minuman bersoda memang sangat nikmat. Tenggorokan merasakan sensasi yang luar biasa ketika cairan tersebut masuk dengan perlahan. Namun tahukah anda kenikmatan tersebut menyimpan petaka bagi tubuh anda? Terlebih lagi jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Believe it or not.

Selain buruk bagi gigi anda, minuman bersoda ternyata buruk juga bagi tulang anda. Dengan mengkonsumsinya secara berlebihan setiap harinya akan mengakibatkan tulang anda rapuh. Hal tersebut didasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari United States Department of Agriculture. Mereka meminta 11 orang pria untuk menghabiskan lima kaleng minuman soda setiap hari selama 3 bulan.

Kemudian dari hasil pemeriksaaan menunjukkan kandungan fosfor pria-pria tersebut menurun sebanyak sepuluh persen karena terbuang melalui urin, selain kasupan kalsium yang juga semakin rendah."Banyak mengkonsumsi minuman dengan kandungan gula jenis fruktosa merubah metabolisme tubuh terhadap mineral yang penting bagi kesehatan tulang." ujar Forrest Nielsen, Ph.D sebagai kepala penelitian studi ini.

Untuk itu sebaiknya anda tidak menenggak minuman kola lebih dari dua kaleng sehari. Jika terlalu banyak, kondisi tulang anda beresiko mengalami penurunan dan lebih mudah mengalami cedera atau patah. So, lebih baik minum banyak air putih bukan?

7 komentar:

guskar said...

ada email dr teman yg menceritakan ganasnya minuman bersoda yg disiramkan terus-menenerus pada sebuah besi.. dlm jangka waktu tertentu besi menjadi korosif.

ardianz said...

iya, gw juga pernah denger tuh yg itu, serem juga nih

Anonymous said...

HHmm..Yups betul..Bagimana pun uga, air putih tetap yang terbaik dech.. :)

attayaya said...

wah info yg bagus neh bro
untung aku ga begitu suka soda

kampiabareh said...

ma kasi infonya, bagus sekali

zee said...

Dulu banged saya termasuk penggila soda. Tapi sejak dua tahun terakhir sudah gak begitu lagi, paling sesekali itu juga hanya 2-3 teguk saja untuk melepas dahaga.

franky said...

thanks infonya sangat menarik sekali

Post a Comment