MUI : Facebook Halal

Facebook Halal MUISiapa yang tidak punya Buku Muka alias Facebook ?. Adek gw yang masih smp aja udah punya dan gw yakin setiap makhluk di bumi ini juga udah pada punya nih aplikasi buatan Mark Zuckenberg. Asal muasal gw punya facebook waktu gw masih di kantor yang lama. Bos gw sering banget nyuruh2 karyawannya buat bikin Fesbuk. Gak tau kenapa, mungkin biar gak keliatan gaptek. Alhasil gw buka dah tuh situs dan registrasi dengan mudahnya. Awalnya sih rada bingung maenin nih situs. Setelah di utak atik akhirnya bisa juga gw make.

Fenomena fesbuk emang parah. Sampe ada suami istri bunuh2an gara2 statusnya yang harusnya Married jadi single. Terkadang fesbuk bikin kita jadi males ngapa2in. Dampak negatif dari maenan fesbuk juga udah pernah gw rasain. Gw sempet berantem dan gak ngomong untuk beberapa bulan sama sobat baek gw, cuma gara2 ledek2an "mobil tinja !" di comment fesbuk. Tuh orang memang udah terkenal tempramennya di lingkungan temen2 gw. Tadinya sih gw cuma bercanda, tapi yang namanya comment2 sepeti itu kan gak bisa di tebak. Bisa salah persepsi. Nah udah dah., berantem jadinya. But, now gw udah baekan lagi.

Tentunya dampak positifnya dari fesbuk pun ada. Setidaknya kita bisa menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan teman2 lama, pacar, gebetan, dosen dan lain2. Yang paling gw suka kalo misalnya ada temen2 gw uload poto2 jadul jaman dulu. Wahh., itu keern dah pokoknya. Comment yang diberikan pasti banyak. Terakhir gw kena TAG poto jaman2 SMA dulu. MasyaALLAH., gila dah. Jadul pisan ternyata muka gw ini jaman dulu. Bener2 gak ke urus. BEda sama sekarang dengan dandanan rapi, necis, klimis dan tentunya bersih. (Narsis made = on)

Dengan fenomena ini MUI sebagai lembaga dakwah islam yang sering memberikan Fatwa, akhirnya memutuskan untuk tidak mengharamkan para masyarakat khususnya umat muslim untuk menggunakan situs yang konon buatan orang Yahudi tersebut. Seperti yang dilontarkan oleh Cholil Ridwan saat di interview oleh Okezone.com
"Kalau lebih banyak manfaat untuk orang lain seperti untuk berdakwah, menyambung tali slaturrahmi, kenapa harus diharamkan?"



MUI tidak ingin sembarangan mengeluarkan fatwa. Tentunya dengan kajian yang matang terhadap suatu masalah. Selama tidak ada laporan resahan dari masyarakat tentang situs ini, maka MUI pun juga akan tidak akan membahasnya hingga mengeluarkan fatwa haram. So, buat para fesbuker, sekarang amaaaaan !!. he2

12 komentar:

dudung said...

wah., bos gw juga sering tuh, kena efek negatif dari fesbuk., koleksi poto cewe2 cakep. hi hi

Mr. Summer said...

aghh,.itu mah,. emg dasar lo nya aja cabul !., tobat dung !

romance said...

bro., asal jgn cari jodoh aja di fesbuk. bikin ngarep !., bikin artikelnya dong ttg online dating bro.

mukhlis said...

Segala sesuatu kalo berlebihan itu ngga bener alias mendekati haram.. Mestinya MUI befikir caranya biar orang indonesia ngga berlembihan dan bisa memanfaatkan IT :) Waduh.. mumet aq top lah

Mr. Summer said...

@romance., ntar bro lagi gw susun tunggu aje
@mukhlis., yoi bro, yang berlebihan itu emang gak enak., jatuhnya jadi mubazir

Aesthetic said...

Maaf, sebenernya gw ga abis pikir kenapa mui ngurusin fb. Padahal, tiap hari gw liat media, di tv, koran, majalah, ada aja, acara 'pelecehan' bukan 4 mata, yang buat kita ketawa (termasuk gw), sinetron, kekerasan, selingkuh, buka aurat, tapi mui kok gak urusin itu dulu. Kenapa mui gak mau keluarin fatwa kalo tindakan2 itu haram. Jadi, tv tuh nyiarin kaya DA'AI TV, yang nyiarin tentang kebaikan, kesabaran, keimanan. So naif. Gw setuju dengan mukhlis, manfaatin IT, apalagi fb, buat fb MUI resmi, dekatin anak2 muda. Vatikan juga buat. Gw yakin pasti jauh lebih bermanfaat.
Makasih sob Ardianz atas pikirannya.

Mr. Summer said...

your welcome bro

angga hendra said...

facebook tuh menurut gw byk manfaatnya...
klo sempat dibilang haram tuh, maksudny melakukan sesuatu diluar batas ketentuan/syariat islam...

kembali lg tergantung orangnya.

Dek Yusron said...

Q juga setuju

Kalo FB itu halal...

Itu Kan Tergantung pada yang meke ato yang manfaatin kan????

Betull,,,

Kira-kira begitu

hehehe

Maju Trus...

Imam Wildan Ar said...

Wah... mantap ne.. kemaren aku blogwalking ada blog yang bilang FB Haram... Ne MUI beneran Bilang FB Hal... padahal kayaknya lebih ke hal yang haram kayaknya se.. tapi ya se tergantung orangnya juga...

Mr. Summer said...

@Imam Wildan, untuk yg menfatwakan Facebook haram tuh.,para ulama jatim. tapi kita ikut MUI aja sebagai bos besarnya.,

t said...

yah memang masih banyak kontroversi antara halal dan haram soal FB ini tapi kayaknya gimana kitanya juga sih.

Post a Comment